Review: Zoom G5 Guitar Effects and Amp Simulator


Beberapa bulan yang lalu, saya membeli sebuah efek untuk gitar kesayangan saya. Sebenarnya saya lebih menginginkan efek stompbox, tetapi karena budget yang masih sangat terbatas maka saya memutuskan untuk membeli multiefek supaya ngirit, hehe.

Setelah saya bertapa akhirnya saya memutuskan untuk membeli Zoom G5 karena multiefek ini memiliki fitur yang terbilang lengkap namun dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Selain itu, menurut beberapa sumber yang saya baca zoom G5 adalah multiefek yang memiliki suara mendekati efek stompbox karena efek ini dilengkapi oleh tube booster.

Berikut adalah fitur- fitur yang dimiliki oleh Zoom G5 :
  • 145 Effect types
  • 9 Simultaneous effects
  • 22 Amp models
  • 4 LCD screens
  • Tube Booster provides instant amp-like overdrive
  • Z-Pedal provides 3D effect parameter control
  • 24-Bit A/D/A conversion
  • ZFX-IV DSP processor
  • 32-Bit floating point and fixed point processing
  • USB audio interface for DAW integration
  • L/R 1/4″ outputs
  • 1/4″ stereo headphone out
Dengan fitur sebanyak itu kita dapat bereksperimen dalam menggunakan berbagai macam efek gitar yang kita inginkan karena hampir semua efek tersedia dalam multiefek ini. Zoom G5 memiliki 5 footswitches, 4 footswitches berfungsi untuk mengaktifkan efek dan memilih patch, dan footswitch yang kelima untuk mengaktifkan ‘tube booster’, yang didasarkan pada 12AX7 valve yang bisa digunakan untuk tambahan gain 16dB. Zoom G5 juga memiliki sebuah Z pedal yang unik karena dapat digerakkan ke kiri, kanan, atas, serta ke bawah. Zoom G5 memiliki 297 patch onboard di dalam 99 bank. Setiap patch terdiri dari 9 efek sehingga memungkinkan kita menggunakan 9 efek secara bersamaan dalam 1 buah patch. Yang saya suka dari efek ini adalah fitur loop yang terbilang cukup lama, dapat merekam loop hingga 60 detik. Untuk sound G5 tidak perlu diragukan lagi karena sudah menggunakan prosesor ZFX-IV yang sehingga menghasilkan sound yang lebih realistik dan clarity yang lebih baik daripada versi sebelumnya (ZFX-III)

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan dilihat video review berikut :


Bisa dilihat juga demo looper G5 dari saya, hehe

Overall menurut saya multiefek ini sudah cukup memuaskan untuk jengjetjengjet di kamar sekaligus bisa dijadikan alat buat bereksperimen berbagai macam jenis efek sebelum memutuskan membeli stompbox, sangat sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

source :
http://dragonguitar.com/blogimg/zoomg5.jpg
http://www.yowisband.com/fitur-yang-dimiliki-multi-efek-gitar-zoom-g5/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review: Zoom G5 Guitar Effects and Amp Simulator"

Post a Comment