Membuat Home Recording Sederhana


Untuk membaca artikel ini, sebaiknya anda harus membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu disini.
Apa yang saya sampaikan disini adalah murni pendapat saya dari pengalaman saya belajar di dunia audio digital. Apa yang saya sampaikan disini belum tentu benar menurut anda karena pendapat setiap orang selalu berbeda. Saya mulai belajar rekaman beberapa tahun lalu dari jaman saya hanya bermodalkan gitar akustik dan handphone sebagai alat recording, sampai saya mulai mengembangkan diri dengan mencari berbagai artikel dan mengupgrade alat musik saya. Tentu semua perjuangan itu tidak instant karena untuk membeli sebuah gitar listrik pun saya harus menabung dahulu sampai akhirnya saya mendapatkan gitar tersebut. Dan sampai saat ini pun saya masih terus akan belajar dan belajar lagi supaya terus berkembang :)

Home Recording Sederhana

1. Tentukan Yang Akan Direkam

Pada dasarnya untuk membuat home recording yang sangat sederhana anda harus dapat berfikir kedepan, seperti apa saja sih yang akan saya rekam nanti? Apakah itu hanya vokal, atau gitar saja, atau bahkan keduanya?

2. Cari Review Dengan Teliti

Ketika anda sudah dapat jawabannya, setelah itu anda harus menghitung berapa kira-kira total budget yang akan dikeluarkan? Sebelum anda membeli suatu alat, sebaiknya anda cari dahulu review dari end-user tentang alat tersebut, jangan sampai nantinya ketika anda sudah mebeli alat tersebut malah kecewa dan akhirnya menambah biaya pengeluaran lagi. Jangan hanya cek review di blog/website, tapi cari juga video tentang apa yang akan anda beli. Dengan begitu anda akan benar-benar tahu bagaimana kualitas alat tersebut.

3. Jangan Beli Barang Murahan

Meskipun disini saya membahas tentang home recording sederhana, namun saya tetap menyarankan untuk tidak membeli barang murahan, karena lebih baik mengeluarkan budget ekstra di awal, tetapi murah perawatan daripada mengeluarkan budget awal dengan sangat minimum tetapi dengan kualitas barang yang buruk. Produk terkenal seperti shure sekarang juga sudah banyak tiruannya. Be careful guys !

4. Yang Penting Rekam Dulu

Jika budget anda terbatas, sebaiknya di awal pembuatan jangan terpaku harus beli ini, harus beli itu. Tetapi mulailah dari sesuatu yang sederhana dulu. Sebagai contoh jika anda ingin merekam gitar, anda tidak perlu harus beli gitar mahal dulu, beli mixer yang bagus, pre-amp yang bagus. Itu akan memperlambat anda! Mulailah dengan membeli audio interface dan dynamic microphone dulu untuk merekam gitar anda. Soal kualitas bisa dikembangkan lagi seiring jalannya waktu.

Kesimpulan

Untuk membuat home recording sederhana pasti juga diperlukan budget yang tidak murah. Saran saya jangan membeli barang palsu/murahan untuk keperluan recording anda karena alat-alat tersebut adalah infrastruktur untuk jangka panjang. Untuk prioritas paling atas menurut saya adalah anda minimal harus memiliki Komputer, Audio Interface, dan Instrumen yang akan anda rekam.
Happy recording ! :D

images source : http://plungedindebt.com/wp-content/uploads/2013/01/dollarsign.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Home Recording Sederhana"

Post a Comment