Apa Itu Mixing dan Mastering


Dalam dunia musik tentunya kita mengenal istilah mixing dan mastering. Mixing dan mastering merupakan salah satu langkah dalam membuat lagu supaya siap dan layak untuk didengarkan. Menurut saya jika diibaratkan ketika memasak makanan, proses mixing adalah ketika semua bahan-bahan mentah dimasak dan ditambahkan bumbu-bumbu yang sesuai jenis masakannya supaya terasa lezat, sedangkan proses mastering ketika masakan sudah matang dan akan masuk ke proses final yaitu adalah platting supaya terlihat menarik dan menambah selera makan.

Begitu juga dengan mixing dalam audio, ketika mixing kita memasak lagu yang sudah kita rekam supaya enak di dengar. Yang perlu diperhatikan saat proses mixing adalah :

  1. Balancing : Proses dimana kita menyeimbangkan semua volume track yang direkam supaya tidak ada track yang terlalu dominan atau terlalu kecil suaranya.
  2. Panning : Proses peletakkan tempat instrumen sesuai tempatnya. Misalnya kita ingin suara hi-hat 70% disebelah kiri, atau kita ingin suara vokalis tepat berada di tengah (center)
  3. Frekuensi yang bertabrakan : Dalam satu lagu yang direkam mungkin saja terdapat banyak sekali instrumen yang menyebabkan terjadinya tabrakan frekuensi.Contohnya tabrakan frekuensi antara low kick pada drum dan low bass. Hal ini dapat kita hindari saat proses mixing yaitu dengan setting equalizer per instrumen.
  4. Tuning : Misalkan terdapat suara vokalis yang fals, kita dapat memperbaikinya saat proses mixing. Contohnya menggunakan autotune. Bagi yang membutuhkan autotune versi gratis silahkan download disini.
  5. Efek Pendukung : Efek pendukung juga sangat perlu diperhatikan saat proses mixing. Contohnya penambahan efek reverb, delay, dll. Tapi gunakan secara bijak supaya tidak berlebihan.
  6. Kompresi : Menggunakan compressor untuk dinamika. Contohnya untuk vokalis ketika menyanyikan nada rendah dan nada tinggi tentunya dinamikanya sangat berbeda. Kita dapat menggunakan compressor atau automation untuk mengatasinya. Untuk automation pada vocal dapat dibaca disini.
Untuk proses mastering sendiri adalah proses yang paling final dan sensitif. Kita dapat mempercayakan proses mastering kita kepada Professional Mastering Engineer yang sudah spesialis di bidang ini. Karena di proses ini karakter lagu juga akan disesuaikan dengan genre, loudness level, hingga pemformatan untuk CD, DVD, bahkan Vinyl.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Source 1
Source 2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Mixing dan Mastering"

Post a Comment