Kebutuhan Dasar Home Recording

Sering sekali orang kebingungan untuk memulai home recording karena belum mengerti apa saja alat yang dibutuhkan untuk memulai rekaman. Sebenarnya jika kita berbicara tentang kebutuhan, belum tentu semua orang membutuhkan apa yang kita butuhkan. Sebagai contoh kasus, ketika saya tidak membutuhkan condenser microphone karena saya tidak akan merekan vokal saya, tetapi anda sangat membutuhkannya karena anda akan merekan suara vokal anda.

Maka dari itu, untuk menentukan apa saja kebutuhan dasar dari home recording, anda harus menentukan dulu sebenarnya apa saja yang akan anda rekam nanti. Disini saya akan menjelaskan kebutuhan yang sangat dasar, yang harus ada jika anda akan melakukan rekaman.

  • Komputer/Laptop
Kalau yang satu ini sudah sangat pasti dan jelas diperlukan, kalau tidak bagaimana kita mau memproses apa yang kita rekam?Yang ingin saya tekankan disini adalah bagaimana menentukan spesifikasi PC yang tepat untuk rekaman. PC untuk recording memerlukan memory dengan kapasitas besar serta processor dengan kecepatan maksimal dengan harddisk berukuran besar untuk menyimpan data.Selain itu, PC sebaiknya juga dilengkapi dengan power supply bagus dan system pendingin yang baik pula.

  • Soundcard/Audio Interface
Sebenarnya laptop/PC sudah ada soundcard internalnya/onboard. Tetapi saya sangat tidak merekomendasikan karena biasanya kurang bagus. Jika anda menginginkan kualitas audio yang maksimal, saya merekomendasikan untuk membeli audio interface baru. Sekarang sudah sangat banyak produsen soundcard yang menawarkan produk dengan harga murah tetapi memiliki kualitas sound yang bagus, silahkan memilih :) Ingat, pilihlah audio interface yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  • DAW (Digital Auido Interface)
DAW adalah software yang digunakan untuk melakukan proses recording, contoh DAW yang biasa digunakan :
-Nuendo
-Cubase
-Protools
-Abelton
Silahkan memilih, saya sendiri menggunakan Ableton live 8 (bukan promosi loh, hehe)

  • Speaker
Speaker yang dimaksud disini adalah sepeaker monitor. Apa bedanya dengan spekaer biasa? Bedanya adalah suara yang dihasilkan speaker monitor lebih jujur, flat, apa adanya. Berbeda dengan speaker rumahan yang biasanya sudah di boost di bagian bass nya, atau treble nya dikurangi.
Sayangnya speaker monitor agak sedikit mahal, lalu bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan speaker yang biasa anda gunakan, tetapi anda harus mempelajari karakter dari speaker anda sendiri. Jika ada knob bass dan treble, pindahkan semua ke arah jam 0, supaya suara yg dihasilkan lebih flat.
Cara seperti ini juga saya gunakan sendiri, karena saya belum punya budget untuk membeli speaker monitor, hehe.

  • Instrumen/Alat Musik
Nah, ini yang penting, kalau tidak ada alat musiknya kita mau merekam apa? hehe
Kebutuhan ini juga mempengaruhi kebutuhan yang lainnya, contohnya ketika kita hanya ingin merekam suara gitar listrik saja, maka kita hanya memerlukan audio interface dengan 1 input, tetapi jika kita ingin merekam gitar dan vokal, maka kita membutuhkan audio interface yang memiliki 2 input.

Kesimpulan :
Kebutuhan diatas adalah kebutuhan yang sangat mendasar untuk membuat home recording menurut versi saya. Sebenarnya kebutuhan yang lainnya masih sangat banyak, tetapi tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk ini. Mulailah dari sesuatu yang kecil dan apa adanya terlebih dahulu karena dengan itu anda akan lebih banyak belajar sampai nantinya anda akan terbiasa dan dapat mengembangkan diri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebutuhan Dasar Home Recording"

Post a Comment