Focusrite Scarlett 2i2 Review

Beberapa hari yang lalu, saya mencari informasi tentang audio interface yang bagus untuk home recording.
Setelah mencari review di berbagai sumber, saya tertarik dengan produk Focusrite Scarlett. Dan setelah mempertimbangkan budget juga, akhirnya saya memilih Focusrite Scarlett 2i2.

Dari berbagai sumber yang saya temukan, focusrite scarlett adalah produk yang sudah sangat terkenal di kalangan para musisi, karena harganya yang bersaing dan produknya yang berkualitas. Katanya produk ini sangat terkenal di pre-amp nya karena pembuatnya sudah sangat sering membuat pre-amp.

Singkat cerita, akhirnya saya membeli Focusrite Scarlett 2i2 dengan harga Rp1,7 juta. Sangat mahal memang, karena naiknya nilai dollar sekarang :(

Sekarang mari kita lihat isi dari package audio interface satu ini :


  
Yang akan kita dapatkan adalah :
1. Audio Interface nya (Jelas lah :D)
2. Satu buah kabel USB 2.0
3. Satu buah CD yang berisi driver dan software Ableton live 8.2.4
4. Kartu garansi
5. Software License

Sekarang mari kita menuju ke anatomi dari produk ini :D
Gambar diatas adalah gambar detail produk ini, cantik kan?  Menurut saya produk ini sudah cukup lengkap, karena kita mendapatkan :

1. 2 buah input XLR dilengkapi dengan knob pengatur gain.
2. 48V phantom power untuk condenser microphone.
3. Direct Monitor
4. Input untuk headphone

Setelah melihat semua package saya tidak sabar lagi untuk segera mencoba alat ini. Setelah itu saya segera install driver dan semua software yang didapatkan dengan mengikuti tutorial dari video ini :



Nah, ini saat yang paling ditunggu, recording time :D
Saya tidak akan memberi tutorial recording di postingan ini, tetapi saya akan memberi sedikit pengalaman dan review tentang alat ini.
Berikut ini akan saya jelaskan kelebihan dan kekurangan Focusrite Scarlett 2i2 menurut versi saya.

Kelebihan Focusrite Scarlett 2i2 :
1. Mendapatkan software asli Ableton live beserta VST pluginnya
2. Dynamic range sampai 109db dan sample rate 44,1 - 96Khz, dengan koneksi usb 2.0
3. 48V phantom power untuk condenser microphone
4. Indikator clipping

Kekurangan Focusrite Scarlett 2i2 :
1. Untuk gitar sangat sering ditemukan kasus clipping sound, terutama untuk gitar dengan passive pickups

Itu adalah review dari saya sebagai end user dari produk Focusrite Scarlett 2i2.
Menurut saya, produk ini sudah sangat cukup memuaskan untuk yang hobi recording dengan budget pas-pasan tetapi menginginkan sound yang professional :)
So, what's your choice? :D




referensi sumber & gambar :
teman musisi
google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Focusrite Scarlett 2i2 Review"

  1. Jika studio kita ingin 2 suara vokalis dan 1 suara gitar sebaiknya menggunakan soundcard yang mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake yg 2 input mas, nanti rekamannya dipisah per track. tapi kalau mau rekaman live sebaiknya cari yg lebih dari 2 input

      Delete